Cara Membuat Bootable Flashdisk Dengan CMD yang Mudah

  • Whatsapp
Cara Membuat Bootable Flashdisk dengan CMD

Cara membuat bootable flashdisk dengan CMD mudah sekali dilakukan. Asal kalian mengikuti tutorial yang kami berikan, kamu pasti bisa membuat bootable flashdisk yang nantinya bisa digunakan untuk menginstal Windows 10, Windows 8, atau Windows 7.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat bootable flashdisk Windows. Namun kami lebih memilih memakai CMD dikarenakan lebih mudah dan tidak membutuhkan software tambahan.

Ada beberapa langkah dalam membuat bootable Windows dengan CMD. Sobat hanya perlu memasukan beberapa perintah untuk memformat Flash Disk agar nantinya terbaca saat pertama kali masuk Bios.

Beberapa orang mungkin pernah mencobanya dan gagal. Biasanya kegagalan tersebut dikarenakan salah memasukan perintah saat masuk ke menu CMD. Faktor lainnya adalah file Windows yang corrupt atau mungkin ada yang kurang sehingga membuat instalasi windows gagal.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Dengan CMD

Menginstal Windows sendiri dirumah merupakan pilihan paling tepat. Dari mengeluarkan uang untuk biaya instal ulang, mending uangnya buat jajan. Namun perlu diingat, bahwa menginstal windows dengan Flashdisk tetap ada resikonya.

Resiko paling utama adalah terjadi corrupt apabila saat menginstal ulang tiba-tiba listrik mati ataupun baterai laptop habis. Nah bagi yang tak tak takun aka hal itu, mari kita simak terlebih dahulu melihat cara membuat bootable flashdisk dengan CMD berikut ini.

1. Siapkan Flashdisk

Pilihlah flashidisk yang kapasitasnya sesuai dengan file Windows yang akan diinstal. Apabila mau menginstal Windows 10, kami sarankan menggunakan flasdisk minimum berkapasitas 8GB.

2. Sambungkan Flashdisk

Jika flashdisk sudah siap, selanjutnya kalian tinggal menyambungkan atau mencolokan flashdisk ke komputer atau laptop kalian. Kalian bisa pilih port USB 2.0 atau port USB 3.0 sesuai komputer yang kamu miliki. Kecepatan pembacaan flashdisk di port USB 2.0 dan Port USB 3.0 cukup berbeda. Apabila memeliki flashdisk yang mendukung port USB 3.0, maka kami sarankan untuk menggunakan tersebut agar proses pemindahan file Windows ke Flashdisk bisa berlangsung cepat dan bisa mempercepat proses pembuatan Booting.

3. Buka Run dan Ketikan Diskpart

Kalau Flashdisk sudah tersambung dan terdeteksi oleh komputer, maka cara membuat bootable flashdisk dengan CMD selanjutnya adalah membuka menu Run. Cara paling gampang adalah menekan shortcut (tekan tombol Windows + R). Setelah itu akan muncul kolom Open, lalu kalian ketikkan diskpart, dan tekan tombol Enter.

4. Masukan kode List Disk

Setelah menekan tombol Enter, maka secara otomatis akan muncul menu diskpart.exe yang nantinya kita isi dengan perintah CMD. Perintah yang pertama adalah ketikan kode: list disk lalu tekan tombol Enter. Kemudian akan muncul beberapa list hardisk dan flashdisk yang terkoneksi ke komputer.

5. Masukan kode Select Disk

Cara selanjutnya adalah memiliki flashdisk yang akan dibuat booting. Pada list disk akan terlihat beberapa disk, lihat baik-baik mana yang merupakan flashdiskmu yang akan dijadikan bootable. Misal flashdiskmu di Disk 3. Maka kamu harus mengetikan: select disk 3, lalu tekan enter. Apabila flashdisk berada di list ke empat, maka penulisannya: select disk 4. Silahkan sobat tentukan sendiri urutan Flashdisk di komputer masing-masing. Ohiya, jangan sampai salah memilihnya, karena bisa-bisa kita salah memilih disk yang di format.

6. Ketikan kode Clean

Langkah berikutnya adalah tinggal membersihkan data yang tersimpan di dalam flasdisk. Caranya tinggal ketikan: clean lalu tekan tombol Enter. Kemudian secara otomatis file system, partisi, dan data yang masih tersimpan di flashdisk akan terhapus. Setelah proses penghapusan selesai, maka akan muncul tulisan “diskPart succeded in cleaning the disk”.

7. Lakukan Create Partition Primary

Setelah langkah di atas selesai, maka cara membuat bootable flashdisk dengan CMD selanjutnya adalah mengetik perintah: create partition primary dan tekan tombol Enter. Setelah proses tersebut berhasil maka akan muncul tulisan “Diskpart succeeded in creating the specified partition”. Pastikan tulisan tersebut benar-benar keluar sebelum kita masuk ke proses selanjutnya.

8. Masukkan Kode Active

Proses pembuatan partisi berjalan beberapa detik saja. Nah setelah selesai, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan partisi tersebut. Caranya adalah dengan mengetikan perintah: active lalu tekan tombol Enter. Apabila berhasil akan keluarkan tulisan “Dispkart marked current partition as active” yang menandakan bahwa partisi telah aktif.

9. Lakukan Format Partisi

Nah langkah terakhir dalam cara membuat bootable flashdisk dengan CMD adalah melakukan format partisi. Caranya adalah dengan mengetikan kode berikut: format fs=fat32 label=febian quick lalu tekan tombol Enter. Kamu bisa merubah nama label sesuka hati, karena tujuan penamaan tersebut hanya untuk mengganti nama flashdisk yang terbaca di komputer. Selain itu, sobat juga bisa menggunakan perintah: format fs=ntfs atau format fs=fat32, namun biasanya proses pemformatan memakan waktu cukup lama sampai benar-benar 100%.

10. Keluar CMD & Salin File Windows

Apabila proses format sudah selesai, maka nanti muncul tulisan “DiskPart successfully formatted tehe volume”. Nah langkah selanjutnya adalah tinggal keluar dari menu CMD. Caranya adalah mengetikan: assign lalu tekan tombol Enter, dan kemudian kalian ketik: exit dan tekan tombol Enter untuk keluar dari CMD.

Nah itulah cara membuat bootable flashdisk dengan CMD. Setelah semula langkah di atas selesai, langkah berikutnya kalian tinggal mengcopy atau mengekstrak atau menyalin semua file installer Windows yang masih berbentuk file .ISO ke dalam flashdisk yang sudah bisa dijadikan bootable. Pastikan semua file tercopy agar tidak terjadi coruppt saat instalasi Windows. Nah apabila proses pengcopyan telah selesai, maka icon USB Flashdisk akan berubah menjadi icon installer yang menandakan bahwa flashdisk siap dipakai untuk menginstal Windows.

Demikian cara membuat bootable flashdisk dengan CMD yang mudah dilakukan untuk kalian yang ingin membuat bootable flashdisk tapi tanpa software bantuan. Untuk cara install windows 10 dengan bootable yang sudah dibuat tadi dengan CMD, kalian bisa baca: Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk.

Dan jika kamu ada cara membuat bootable flashdisk yang lebih mudah atau ada kendala saat praktek cara di atas, silahkan tulis di kolom komentar bawah ini yak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *