5 Cara Mengatasi Aplikasi Error di Windows 10 dengan Mudah

  • Whatsapp
Aplikasi Error

Dari berbagai solusi untuk memperbaiki masalah ketika Windows 10 tidak bisa menjalankan aplikasi yang kami kutip dari Mahirkomputer.com, berikut kami telah merangkum 4 cara terbaik untuk Anda. Cobalah yang sesuai dengan permasalahanmu.

Cara Mengatasi Aplikasi Error di Windows 10

1. Unduh dan Instal Versi Program yang Tepat

Salah satu alasan paling umum untuk masalah ini adalah bahwa Anda mungkin telah mengunduh dan menginstal program yang salah di PC Windows 10 Anda. Misalnya, Anda memiliki OS Windows 32-bit, tetapi Anda mengunduh program untuk sistem 64-bit.

Kalian juga bisa mencoba menjalankan aplikasi yang error tersebut dengan versi atau kompatibilitas yang sesuai dengan versi Windowsnya. Berikut caranya:

  • Langkah 1: Pergi ke ikon PC ini dan klik kanan untuk memilih Properties .
  • Langkah 2: Di jendela pop-up, Anda dapat melihat apakah sistem operasi Windows 10 adalah 32-bit atau 64-bit di bawah bagian System .
  • Langkah 3: Klik kanan pada aplikasi yang tidak dapat membuka dan pilih Properties .
  • Langkah 4: Di bawah tab Compatibility , centang di bagian Run this program in compatibility mode for: (Pilih Windows 8 disarankan seperti dalam gambar di bawah) dan di bagian Run this program as an administrator
Sumber: minitool.com
  • Langkah 5: Terakhir, klik Apply dan OK .

2. Perbarui Windows 10

Perlu kalian ketahui, Microsoft terus-menerus meluncurkan pembaruan atau update Windows untuk meningkatkan stabilitas sistem operasi dan memperbaiki berbagai masalah. Karena itu, pastikan Anda menjalankan pembaruan OS terbaru.

sumber: Mahirkomputer.com

Jika kalian melakukan install Windows ke versi yang lebih baru, memungkinkan berbagai aplikasi terbaru bisa dijalankan di komputermu. Maka dari itu, coba kalian install ulang Windows kalian. Untuk caranya, bisa baca Cara Install Ulang Windows 10.

3. Nonaktifkan SmartScreen

Saat ini virus, scam dan malware phishing semakin lama semakin canggih, karenanya, tak perlu khawatir mencari software yang andal untuk melindungi komputer dari ancaman.

Pada Windows 10, software atau tool SmartScreen adalah pengaman dari virus, scam dan malware. Namun sayangnya, kadang-kadang bisa terlalu sensitif ke titik di mana aplikasi tertentu tidak dapat berjalan di PC Anda.

Oleh karena itu, cara terbaik adalah menonaktifkannya sementara dan memeriksa apakah bakal terulang lagi notifikasi aplikasi ini tidak dapat berjalan pada PC Anda.

Sumber: minitool.com

Jika aplikasi ini masih gagal berjalan di Windows 10, ubah pengaturan Windows SmartScreen kembali ke Peringatkan dan coba cara lain di bawah ini.

4. Gunakan Pemeriksa File Sistem

System File Checker (SFC) adalah utilitas bawaan, menganalisis semua file sistem untuk kerusakan dan kerusakan pada komputer Anda.

Saat menjalankan pemindaian SFC dan menemukan beberapa file sistem yang rusak, alat ini akan memperbaikinya atau menggantinya dengan salinan yang di-cache. Ini memverifikasi integritas semua file sistem yang dilindungi.

Dengan itu, ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki masalah mendasar yang menyebabkan Windows 10 aplikasi ini tidak dapat berjalan pada kesalahan PC Anda. Berikut caranya:

  • Langkah 1: Jalankan Command Prompt dengan klik kanan pada CMD atau Command Prompt lalu pilih Run as administrator.
  • Langkah 2: Ketikkan sfc / scannow  dan tekan  Enter .
Sumber: minitool.com

Harap tunggu dengan sabar sampai muncul Verification 100% complete. Kemudian, keluar dari jendela CMD ini dan restart PC Anda untuk memeriksa apakah tidak dapat menjalankan masalah aplikasi terjadi atau tidak.

5. Periksa Kesalahan Disk

Alasan lain yang mungkin menyebabkan aplikasi tidak berjalan di PC Anda mungkin adalah kesalahan di hard disk. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba menjalankan pemeriksaan disk untuk mengidentifikasi dan menghapus kesalahan ini dengan cepat.

Untuk melakukan ini, coba kalian buka Command Prompt (CMD), ketikkan perintah chkdsk n: / f atau chkdsk n: / r dan tekan Enter. (N adalah huruf drive) Ini sangat membantu untuk memperbaiki kesalahan hard disk atau melindungi masing-masing bad sector. 

Sumber: minitool.com

Nah, itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi aplikasi yang error atau tidak bisa jalan. Kalau ternyata aplikasi kalian hanya muncul peringatan Has Stopped Working ketika di jalankan, kalian bisa simak cara mengatasinya berikut: Cara Mengatasi Has Stopped Working di Windows.

Dan jika kalian ada permasalahan ketika praktek cara di atas atau ada cara yang lebih ampuh, bisa kalian tulis di kolom komentar ya. Makasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *